Rabu, 11 Oktober 2017

mengatur halaman baru di ms word

Mulailah dengan membuat sebuah halaman baru baik dengan mengklik File > New, atau menekan shortcut Ctrl+N. Untuk mengatur properties seperti orientasi dan ukuran halaman, masuk ke ribbon Page Layout.

Mengatur page layout.
Jika anda berencana untuk mencetak dokumen anda dan anda telah mengetahui ukuran kertasnya, penting untuk mengaturnya sebagai langkah pertama. Mengapa? Microsoft Word memudahkan anda untuk mengatur ukuran objek apapun, namun untuk beberapa properties, seperti lebar garis tepi, tidak berubah. Ukuran font juga tetap sama selama perubahan ukuran objek, dan harus diupdate secara manual. Bekerja dengan ukuran kertas yang benar sejak awal membuat menghemat waktu di masa mendatang.
Ada dua hal yang perlu anda ketahui tentang ribbon Page Layout sebelum kita menentukan nilai ukuran halaman akhir. Pertama, menu dropdown Size hanya berisi ukuran kertas yang mungkin dapat dicetak oleh printer yang dipilih. Dengan kata lain, anda tidak dapat mengatur ukuran kertas A3 ketika printer anda hanya dapat mencetak dokumen sampai ukuran A4. Untuk memperbaiki ini, anda dapat langsung ke menu File > Print, dan mengganti printer dengan jenis yang berbeda, sebagai contoh Microsoft XPS Document Writer dimana ini adalah "printer virtual" yang hanya menyimpan file secara lokal dalam komputer anda.

Memilih printer alternatif.
Jangan mencetak apapun, namun segera setelah anda memilih printer yang berbeda, kembali (menggunakan panah kiri pada sudut kiri atas), buka ribbon Page Layout > Size lagi, dan daftar ukuran yang tersedia akan jauh lebih banyak sekarang.

Daftar lengkap ukuran halaman.
Kemudian, hal lain yang perlu diperhatikan adalah menu drop-down untuk Margins, Orientation dan Size tidak boleh diaktifkan sepanjang waktu. Jika anda memiliki sebuah Text Box yang ditempatkan dan dipilih di dalam dokumen, beberapa pilihan Page Layout akan dinonaktifkan. Saya menunjuk tentang hal ini secara khusus, karena kita akan menggunakan objek Text Box sepanjang waktu, dan masuk ke ribon Page Layout serta melihat pilihan tersebut dinonaktifkan akan cukup membuat frustrasi.

Tombol page layout yang pudar ketika memilih sebuah text box.
Sekarang, anda tahu bagaimana cara untuk selalu dapat mengatur page Size ke A4 dan Orientation ke Landscape. Halaman anda sekarang sudah ditentukan sesuai yang anda inginkan untuk word art buatan anda, dan anda akan tahu bagaimana mempercantiknya lagi di lain waktu.

Pilih page orientation

0 komentar:

Posting Komentar

rindu sahabat

Namaku ami aku mempunyai seorang sahabat bernama fari dia baik, cantik dan juga pintar aku memang baru mengenalnya tapi dia sosok sahaba...